10+ Alat Musik Tradisional Sulawesi Tengah : Gambar Penjelasan

4 min read

Indonesia memiliki kekayaan budaya yang melimpah, termasuk dalam seni musik tradisionalnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki alat musik tradisional yang unik dan khas. Salah satu daerah yang memiliki keberagaman alat musik tradisional adalah Sulawesi Tengah.

1. Kolintang

Kolintang adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Namun, kolintang juga populer di Sulawesi Tengah. Alat musik ini terdiri dari serangkaian bilah logam yang diletakkan di atas resonator kayu. Kolintang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan palu atau stik.

KolintangSource: None

2. Gandang

Gandang adalah alat musik perkusi yang terbuat dari kayu dan kulit binatang. Alat musik ini biasanya dimainkan dalam ansambel musik tradisional daerah Sulawesi Tengah. Gandang terdiri dari dua buah drum yang berbeda ukuran, yaitu gandang pui (besar) dan gandang pui (kecil).

GandangSource: None

3. Tanggetang

Tanggetang adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Toli-Toli, Sulawesi Tengah. Alat musik ini terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Tanggetang memiliki suara yang unik dan khas, sehingga sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional daerah Toli-Toli.

TanggetangSource: None

4. Suling

Suling adalah alat musik tiup yang terbuat dari bambu. Alat musik ini memiliki lubang-lubang di sepanjang batangnya yang digunakan untuk menghasilkan nada. Suling umumnya dimainkan dengan cara meniup lubang-lubangnya. Di Sulawesi Tengah, suling sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional seperti tari-tarian.

SulingSource: None

5. Kecapi

Kecapi adalah alat musik tradisional yang terbuat dari kayu dan senar. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipetik. Kecapi sering digunakan sebagai pengiring dalam lagu-lagu daerah Sulawesi Tengah. Alat musik ini memiliki suara yang lembut dan menenangkan.

KecapiSource: None

6. Tifa

Tifa adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Gorontalo, Sulawesi Utara. Namun, tifa juga populer di Sulawesi Tengah. Alat musik ini terbuat dari kayu dan kulit binatang. Tifa dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan atau stik. Alat musik ini sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional daerah Sulawesi Tengah.

TifaSource: None

7. Kendang

Kendang adalah alat musik perkusi yang terbuat dari kayu dan kulit binatang. Alat musik ini biasanya dimainkan dalam ansambel musik tradisional daerah Sulawesi Tengah. Kendang terdiri dari dua buah drum yang berbeda ukuran, yaitu kendang besar dan kendang kecil. Kendang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan.

KendangSource: None

8. Tambur

Tambur adalah alat musik tradisional yang terbuat dari kayu dan kulit binatang. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Tambur memiliki suara yang keras dan bergetar, sehingga sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional daerah Sulawesi Tengah.

TamburSource: None

9. Gambus

Gambus adalah alat musik tradisional yang berasal dari Timur Tengah. Namun, gambus juga populer di Sulawesi Tengah. Alat musik ini terbuat dari kayu dan senar. Gambus dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini sering digunakan dalam lagu-lagu daerah Sulawesi Tengah yang memiliki pengaruh Arab.

GambusSource: None

10. Talingting

Talingting adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Namun, talingting juga populer di Sulawesi Tengah. Alat musik ini terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Talingting memiliki suara yang khas dan unik.

TalingtingSource: None

11. Palu

Palu adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Donggala, Sulawesi Tengah. Alat musik ini terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Palu memiliki suara yang keras dan berirama, sehingga sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional daerah Donggala.

PaluSource: None

12. Tambolong

Tambolong adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Sigi, Sulawesi Tengah. Alat musik ini terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Tambolong memiliki suara yang unik dan khas, sehingga sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional daerah Sigi.

TambolongSource: None

13. Kompang

Kompang adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Namun, kompang juga populer di Sulawesi Tengah. Alat musik ini terbuat dari kayu dan kulit binatang. Kompang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan atau stik. Alat musik ini sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional daerah Sulawesi Tengah.

KompangSource: None

14. Saron

Saron adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Namun, saron juga populer di Sulawesi Tengah. Alat musik ini terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan serangkaian bilah logam. Saron dimainkan dengan cara dipukul menggunakan palu atau stik. Alat musik ini sering digunakan dalam ansambel musik tradisional daerah Sulawesi Tengah.

SaronSource: None

15. Serunai

Serunai adalah alat musik tiup yang terbuat dari kayu. Alat musik ini memiliki lubang-lubang di sepanjang batangnya yang digunakan untuk menghasilkan nada. Serunai umumnya dimainkan dengan cara meniup lubang-lubangnya. Di Sulawesi Tengah, serunai sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional seperti tari-tarian.

SerunaiSource: None

16. Saluang

Saluang adalah alat musik tradisional yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat. Namun, saluang juga populer di Sulawesi Tengah. Alat musik ini terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara dipetik. Saluang sering digunakan dalam lagu-lagu tradisional daerah Sulawesi Tengah yang memiliki pengaruh Minangkabau.

SaluangSource: None

17. Biola

Biola adalah alat musik yang berasal dari Eropa. Namun, biola juga populer di Sulawesi Tengah. Alat musik ini terdiri dari kotak resonansi yang terbuat dari kayu dan senar yang digesek dengan menggunakan busur. Biola sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional maupun musik modern di Sulawesi Tengah.

BiolaSource: None

18. Rebana

Rebana adalah alat musik tradisional yang berasal dari Timur Tengah. Namun, rebana juga populer di Sulawesi Tengah. Alat musik ini terbuat dari kayu dan kulit binatang. Rebana dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan. Alat musik ini sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional daerah Sulawesi Tengah yang memiliki pengaruh Arab.

RebanaSource: None

19. Gendang

Gendang adalah alat musik perkusi yang terbuat dari kayu dan kulit binatang. Alat musik ini biasanya dimainkan dalam ansambel musik tradisional daerah Sulawesi Tengah. Gendang terdiri dari dua buah drum yang berbeda ukuran, yaitu gendang besar dan gendang kecil. Gendang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan atau stik.

GendangSource: None

20. Gong

Gong adalah alat musik tradisional yang terbuat dari logam. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Gong memiliki suara yang keras dan bergetar, sehingga sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional daerah Sulawesi Tengah. Gong juga sering digunakan sebagai alat musik pelengkap dalam ansambel musik tradisional.

GongSource: None

21. Kulintang

Kulintang adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Namun, kulintang juga populer di Sulawesi Tengah. Alat musik ini terdiri dari serangkaian gong yang diletakkan di atas resonator kayu. Kulintang dimainkan dengan cara dipukul menggunakan palu atau stik.

KulintangSource: None

22. Gendang Panjang

Gendang panjang adalah alat musik perkusi yang terbuat dari kayu dan kulit binatang. Alat musik ini biasanya dimainkan dalam ansambel musik tradisional daerah Sulawesi Tengah. Gendang panjang memiliki bentuk yang panjang dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tangan atau stik.

Gendang PanjangSource: None

23. Gendang Telolet

Gendang telolet adalah alat musik perkusi yang terbuat dari kayu dan kulit binatang. Alat musik ini biasanya dimainkan dalam ansambel musik tradisional daerah Sulawesi Tengah. Gendang telolet memiliki suara yang unik dan khas, sehingga sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional.

Gendang TeloletSource: None

24. Gendang Tifa

Gendang tifa adalah alat musik perkusi yang terbuat dari kayu dan kulit binatang. Alat musik ini biasanya dimainkan dalam ansambel musik tradisional daerah Sulawesi Tengah. Gendang tifa memiliki suara yang keras dan berirama, sehingga sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional.

Gendang TifaSource: None

25. Gong Warna

Gong warna adalah alat musik tradisional yang terbuat dari logam. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Gong warna memiliki suara yang khas dan bergetar, sehingga sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional daerah Sulawesi Tengah. Gong warna juga sering digunakan sebagai alat musik pelengkap dalam ansambel musik tradisional.

Gong WarnaSource: None

26. Gendang Telu

Gendang telu adalah alat musik perkusi yang terbuat dari kayu dan kulit binatang. Alat musik ini biasanya dimainkan dalam ansambel musik tradisional daerah Sulawesi Tengah. Gendang telu terdiri dari tiga buah drum yang berbeda ukuran, yaitu gendang besar, gendang sedang, dan gendang kecil.

Gendang TeluSource: None

27. Kecrek

Kecrek adalah alat musik tradisional yang berasal dari daerah Donggala, Sulawesi Tengah. Alat musik ini terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Kecrek memiliki suara yang unik dan khas, sehingga sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional daerah Donggala.

KecrekSource: None

28. Gendang Karinding

Gendang karinding adalah alat musik perkusi yang terbuat dari kayu dan kulit binatang. Alat musik ini biasanya dimainkan dalam ansambel musik tradisional daerah Sulawesi Tengah. Gendang karinding memiliki suara yang keras dan berirama, sehingga sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional.

Gendang KarindingSource: None

29. Gong Patudu

Gong patudu adalah alat musik tradisional yang terbuat dari logam. Alat musik ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik. Gong patudu memiliki suara yang keras dan bergetar, sehingga sering digunakan dalam pertunjukan seni tradisional daerah Sulawesi Tengah. Gong patudu juga ser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngelmu Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk berita dan pembaruan terkini.
Dismiss
Allow Notifications