12+ Alat Musik Tradisional Lampung : Gambar dan Penjelasan

3 min read

Alat musik tradisional Lampung merupakan kekayaan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan. Lampung, sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera, memiliki beragam alat musik tradisional yang unik dan menarik. Alat-alat musik ini tidak hanya memiliki suara yang indah, tetapi juga mencerminkan kearifan lokal dan kekayaan seni budaya Lampung.

1. Serune Kale

Serune Kale adalah alat musik tiup tradisional Lampung yang terbuat dari bambu. Alat musik ini memiliki bentuk seperti seruling dan biasanya dimainkan oleh satu orang. Suara yang dihasilkan oleh Serune Kale sangat khas dan mampu menghipnotis pendengarnya. Serune Kale biasanya dimainkan dalam berbagai acara adat Lampung, seperti pernikahan, upacara adat, dan pertunjukan seni tradisional.

2. Gitar Wadimor

Gitar Wadimor adalah alat musik tradisional Lampung yang terbuat dari kayu dan memiliki bentuk yang mirip dengan gitar biasa. Namun, gitar ini memiliki karakteristik suara yang unik dan berbeda. Gitar Wadimor biasanya dimainkan oleh para seniman Lampung dalam pertunjukan musik tradisional Lampung. Alat musik ini juga sering digunakan sebagai pengiring tari tradisional Lampung.

3. Gong Keteng

Gong Keteng adalah alat musik tradisional Lampung yang terbuat dari logam dan digunakan sebagai alat pengiring dalam pertunjukan musik tradisional Lampung. Gong Keteng memiliki suara yang nyaring dan bergetar, sehingga mampu menciptakan suasana yang magis dan menarik. Alat musik ini biasanya dimainkan oleh sekelompok pemain dengan berbagai ukuran gong yang berbeda.

4. Sasando

Sasando adalah alat musik tradisional Lampung yang unik dan langka. Alat musik ini terbuat dari sejenis tumbuhan yang disebut dengan lontar. Sasando memiliki bentuk seperti harpa dan dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini memiliki suara yang lembut dan indah, sehingga sering digunakan dalam pertunjukan musik tradisional Lampung. Sasando juga sering dijadikan sebagai simbol kebudayaan Lampung.

5. Kendang Kempul

Kendang Kempul adalah alat musik tradisional Lampung yang termasuk dalam kelompok alat musik perkusi. Alat musik ini terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipukul. Kendang Kempul biasanya dimainkan dalam pertunjukan musik tradisional Lampung, seperti tarian Lampung dan pertunjukan musik rakyat Lampung. Suara yang dihasilkan oleh Kendang Kempul sangat enerjik dan mampu menambah semangat dalam pertunjukan musik tradisional.

6. Bedug

Bedug adalah alat musik tradisional Lampung yang termasuk dalam kelompok alat musik perkusi. Alat musik ini terbuat dari kayu dan kulit binatang. Bedug biasanya dimainkan dalam berbagai acara adat Lampung, seperti upacara adat dan pernikahan. Suara yang dihasilkan oleh Bedug sangat khas dan mampu menciptakan suasana yang sakral dan menggetarkan.

7. Gambus Lampung

Gambus Lampung adalah alat musik tradisional Lampung yang termasuk dalam kelompok alat musik petik. Alat musik ini memiliki bentuk yang mirip dengan gambus pada umumnya, tetapi memiliki karakteristik suara yang unik dan berbeda. Gambus Lampung biasanya dimainkan dalam pertunjukan musik tradisional Lampung, seperti tarian Lampung dan pertunjukan musik rakyat Lampung.

8. Rebab

Rebab adalah alat musik tradisional Lampung yang termasuk dalam kelompok alat musik gesek. Alat musik ini terbuat dari kayu dan memiliki senar yang digesek dengan menggunakan busur. Rebab biasanya dimainkan dalam pertunjukan musik tradisional Lampung, seperti tarian Lampung dan pertunjukan musik rakyat Lampung. Suara yang dihasilkan oleh Rebab sangat melankolis dan mampu menggetarkan hati pendengarnya.

9. Suling

Suling adalah alat musik tradisional Lampung yang termasuk dalam kelompok alat musik tiup. Alat musik ini terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara ditiup. Suling biasanya dimainkan dalam berbagai acara adat Lampung, seperti upacara adat dan pernikahan. Suara yang dihasilkan oleh Suling sangat merdu dan mampu menciptakan suasana yang tenang dan damai.

10. Talempong

Talempong adalah alat musik tradisional Lampung yang termasuk dalam kelompok alat musik metal. Alat musik ini terbuat dari logam dan dimainkan dengan cara dipukul. Talempong biasanya dimainkan dalam pertunjukan musik tradisional Lampung, seperti tarian Lampung dan pertunjukan musik rakyat Lampung. Suara yang dihasilkan oleh Talempong sangat khas dan mampu menciptakan irama yang menarik dan menggugah semangat.

11. Serunai

Serunai adalah alat musik tradisional Lampung yang termasuk dalam kelompok alat musik tiup. Alat musik ini terbuat dari bambu dan memiliki bentuk yang mirip dengan seruling. Serunai biasanya dimainkan dalam berbagai acara adat Lampung, seperti upacara adat dan pernikahan. Suara yang dihasilkan oleh Serunai sangat khas dan mampu menciptakan suasana yang sakral dan merdu.

12. Gong Agung

Gong Agung adalah alat musik tradisional Lampung yang termasuk dalam kelompok alat musik metal. Alat musik ini terbuat dari logam dan memiliki ukuran yang besar. Gong Agung biasanya dimainkan dalam berbagai acara adat Lampung, seperti upacara adat dan pernikahan. Suara yang dihasilkan oleh Gong Agung sangat nyaring dan mampu menciptakan suasana yang magis dan menggetarkan.

13. Kecapi

Kecapi adalah alat musik tradisional Lampung yang termasuk dalam kelompok alat musik petik. Alat musik ini terbuat dari kayu dan memiliki senar yang dipetik dengan menggunakan jari. Kecapi biasanya dimainkan dalam pertunjukan musik tradisional Lampung, seperti tarian Lampung dan pertunjukan musik rakyat Lampung. Suara yang dihasilkan oleh Kecapi sangat lembut dan mampu menciptakan suasana yang romantis dan menghayati.

14. Terompet Rebab

Terompet Rebab adalah alat musik tradisional Lampung yang termasuk dalam kelompok alat musik tiup. Alat musik ini terbuat dari logam dan memiliki bentuk yang mirip dengan terompet pada umumnya. Terompet Rebab biasanya dimainkan dalam berbagai acara adat Lampung, seperti upacara adat dan pernikahan. Suara yang dihasilkan oleh Terompet Rebab sangat khas dan mampu menciptakan atmosfer yang meriah dan menggembirakan.

Kesimpulan

Alat musik tradisional Lampung memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Melalui alat musik tradisional Lampung, kita dapat merasakan keindahan seni budaya Lampung yang kaya akan kearifan lokal. Dengan melestarikan alat musik tradisional Lampung, kita juga turut melestarikan warisan budaya yang berharga untuk generasi mendatang.

FAQs

1. Apa saja alat musik tradisional Lampung yang terkenal?

Beberapa alat musik tradisional Lampung yang terkenal antara lain Serune Kale, Gitar Wadimor, Gong Keteng, Sasando, Kendang Kempul, Bedug, Gambus Lampung, Rebab, Suling, Talempong, Serunai, Gong Agung, Kecapi, dan Terompet Rebab.

2. Bagaimana cara memainkan alat musik tradisional Lampung?

Cara memainkan alat musik tradisional Lampung bervariasi tergantung jenis alat musiknya. Beberapa alat musik seperti Serune Kale dan Serunai dimainkan dengan cara ditiup, sementara alat musik seperti Gitar Wadimor dan Kecapi dimainkan dengan cara dipetik. Ada juga alat musik seperti Kendang Kempul dan Bedug yang dimainkan dengan cara dipukul.

3. Apa saja acara adat Lampung yang menggunakan alat musik tradisional?

Alat musik tradisional Lampung sering digunakan dalam berbagai acara adat Lampung, seperti upacara adat dan pernikahan. Alat musik seperti Gong Keteng dan Bedug biasanya dimainkan dalam acara adat Lampung yang sakral dan meriah.

4. Bagaimana pentingnya melestarikan alat musik tradisional Lampung?

Melestarikan alat musik tradisional Lampung memiliki banyak manfaat. Selain sebagai upaya untuk menjaga keberagaman budaya, melestarikan alat musik tradisional Lampung juga dapat menjadi sarana pendidikan dan hiburan. Selain itu, alat musik tradisional Lampung juga merupakan bagian dari identitas budaya Lampung yang harus dijaga dan dilestarikan.

5. Apa yang membuat alat musik tradisional Lampung unik?

Alat musik tradisional Lampung memiliki keunikan tersendiri dalam bentuk, suara, dan cara memainkannya. Setiap alat musik tradisional Lampung memiliki ciri khas yang membedakannya dari alat musik tradisional daerah lainnya. Selain itu, alat musik tradisional Lampung juga mencerminkan kearifan lokal dan keberagaman budaya Lampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngelmu Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk berita dan pembaruan terkini.
Dismiss
Allow Notifications