20+ Contoh Kerajinan dari Bahan Limbah Organik dan Anorganik

Hamzah

Dalam era yang semakin sadar akan lingkungan, penting bagi kita untuk mencari cara-cara kreatif untuk mengurangi limbah dan mendaur ulang bahan yang dapat digunakan kembali. Salah satu cara yang efektif untuk mengurangi limbah adalah dengan membuat kerajinan dari bahan limbah organik dan anorganik. Dalam artikel ini, kami akan memberikan lebih dari 20 contoh kerajinan yang dapat Anda buat menggunakan bahan limbah organik dan anorganik.

Kerajinan dari Limbah Organik

Limbah organik adalah bahan-bahan yang berasal dari sisa-sisa organisme hidup, seperti sayuran, buah-buahan, dan bahan-bahan organik lainnya. Berikut adalah beberapa contoh kerajinan yang dapat Anda buat dengan menggunakan limbah organik:

1. Kerajinan dari Kulit Jeruk

Kulit jeruk yang biasanya dibuang dapat digunakan untuk membuat kerajinan yang menarik. Anda dapat mengeringkan kulit jeruk dan menggunakannya sebagai dekorasi pada kerajinan tangan atau membuat wangi-wangian alami dengan mengisi kulit jeruk dengan kapas dan minyak esensial.

2. Kerajinan dari Biji-Bijian

Biji-bijian seperti biji kopi bekas atau biji-bijian dari buah-buahan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan. Anda dapat membuat perhiasan seperti kalung atau gelang dengan mengecat biji-bijian dan menggantungkannya pada tali. Selain itu, biji-bijian juga dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan lukisan atau karya seni lainnya.

Bagikan:

Tags

Leave a Comment