Belajar Lebih Dalam tentang Kesebangunan dan Kekongruenan dalam Matematika Kelas 9

bang jack

Contoh Soal:
1. Diketahui segitiga ABC dengan panjang sisi AB = 12 cm, BC = 15 cm, dan AC = 9 cm. Hitung panjang sisi segitiga kesebangunan dengan segitiga ABC jika perbandingan skala 1:2.
2. Hitunglah panjang sisi segitiga kesebangunan dengan segitiga ABC jika luas segitiga ABC adalah 48 cm2 dan luas segitiga kesebangunan adalah 12 cm2.
3. Diketahui dua segitiga kesebangunan dengan luas masing-masing 120 cm2 dan 30 cm2. Tentukan rasio panjang sisi segitiga pertama dengan segitiga kedua.
4. Diketahui segitiga ABC dan DEF adalah dua segitiga yang kongruen. Jika panjang sisi AB = 6 cm, BC = 8 cm, dan CA = 10 cm, serta panjang sisi DE = 9 cm, EF = 12 cm, dan FD = 15 cm, tentukan panjang sisi yang tidak diketahui.
5. Sebuah jajar genjang memiliki panjang sisi 10 cm dan 12 cm. Tentukan panjang sisi diagonal jajar genjang tersebut.
6. Diketahui panjang sisi dua buah persegi panjang adalah 4 cm dan 6 cm. Tentukan panjang diagonal kedua persegi panjang tersebut.
7. Tentukan panjang diameter lingkaran yang memiliki keliling 44 cm.
8. Sebuah segitiga siku-siku memiliki panjang kedua sisi tegaknya adalah 6 cm dan 8 cm. Tentukan panjang hipotenusa segitiga tersebut.
9. Hitunglah tinggi sebuah trapesium jika diketahui luasnya adalah 48 cm2, dengan panjang sisi sejajar 6 cm dan 8 cm.
10. Sebuah layang-layang memiliki sisi miring sepanjang 10 cm dan diagonal lainnya sepanjang 12 cm. Tentukan luas layang-layang tersebut.

Jawaban:
1. Panjang sisi segitiga kesebangunan adalah 24 cm.
2. Panjang sisi segitiga kesebangunan adalah 6 cm.
3. Rasio panjang sisi segitiga pertama dengan segitiga kedua adalah 2:1.
4. Panjang sisi yang tidak diketahui pada kedua segitiga adalah 10 cm.
5. Panjang sisi diagonal jajar genjang tersebut adalah 20 cm.
6. Panjang diagonal kedua persegi panjang tersebut adalah 10 cm.
7. Panjang diameter lingkaran tersebut adalah 14 cm.
8. Panjang hipotenusa segitiga tersebut adalah 10 cm.
9. Tinggi trapesium tersebut adalah 16 cm.
10. Luas layang-layang tersebut adalah 48 cm2.

Dengan memahami konsep kesebangunan dan kekongruenan serta banyak berlatih mengerjakan soal-soal seperti di atas, diharapkan siswa dapat lebih mendalami materi matematika kelas 9 dan mampu menyelesaikan berbagai masalah geometri dengan lebih baik. Semangat belajar!

Bagikan:

Leave a Comment