19. ∆ABC ≌ ∆XYZ, jika panjang sisi BC = 9 cm, AC = 9 cm, dan XY = 12 cm, maka panjang sisi YZ adalah…
a. 12 cm
b. 9 cm
c. 15 cm
d. 18 cm
Jawaban: b. 9 cm
20. Segitiga MNP ≌ segitiga QRS, jika panjang sisi MN = 8 cm, NP = 8 cm, dan QS = 12 cm, maka panjang sisi RS adalah…
a. 12 cm
b. 8 cm
c. 16 cm
d. 10 cm
Jawaban: b. 8 cm
Dengan memahami betul konsep kesebangunan dan kekongruenan, diharapkan siswa kelas 9 dapat lebih mudah memecahkan persoalan-persoalan geometri dan matematika yang melibatkan kesebangunan dan kekongruenan. Penguasaan konsep ini juga akan memudahkan siswa dalam memahami materi-materi matematika yang lebih kompleks di masa mendatang. Oleh karena itu, sangat penting bagi siswa kelas 9 untuk benar-benar memahami dan menguasai konsep kesebangunan dan kekongruenan.