5 Penyebab Kulit Anak Alami Alergi dan Cara Mengatasinya 

alergy anak

Memiliki buah hati merupakan nikmat Tuhan yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Orangtua yang bijak pasti mengupayakan segala hal yang terbaik untuk mendukung tumbuh kembang anak lebih baik. Perawatan kesehatan anak mulai rambut, kulit dan anggota tubuh lain wajib diperhatikan dengan baik. Pasalnya, anak memiliki kondisi kulit yang sensitif dan rentan mengalami masalah alergi saat menggunakan produk dengan bahan kimia tertentu.

5 faktor penyebab kulit bayi alami alergi

Bayi yang baru lahir dan anak-anak memiliki kulit sensitif sehingga orangtua harus memberikan perawatan yang terbaik. Agar Anda bisa mencari solusi saat bayi alami masalah kulit, sebaiknya kenali beberapa faktor penyebab bayi alami alergi berikut :

1.Faktor genetik 

Kemungkinan bayi mengalami kondisi kulit yang gatal, merah, ruam, dan sebagainya disebabkan oleh faktor genetik. Kelainan bawaan pada kulit si kecil menjadi penyebab utama kenapa kulit anak alami masalah sejak ia lahir. 

2.Faktor lingkungan yang tidak baik 

Kulit anak yang sensitif rentan mengalami masalah karena faktor lingkungan yang kurang kondusif. Si kecil menunjukkan reaksi gatal atau ruam kemerahan karena kebersihan rumah yang kurang terjaga sehingga menjadi rumah tungau, bulu hewan, serbuk sari, debu, dan lain-lain. Paparan asap rokok di dalam ruangan bisa membuat kulit bayi mengalami masalah, lho! Kondisi rumah yang kurang bersih, tidak menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan sisa debu dan kotoran lain menjadi awal munculnya jamur serta kecoak penyebab masalah kesehatan anak.

3.Faktor makanan 

Pada bayi yang sudah mengkonsumsi MPASI, risiko kulit mengalami gatal dan ruam kemerahan bisa disebabkan oleh makanan. Ada beberapa jenis makanan yang mungkin bisa memberikan pengaruh pada kulit bayi antara lain kacang, susu formula, telur, kerang, dan ikan laut. 

4.Penggunaan obat-obatan tertentu 

Anak Anda bisa menunjukkan reaksi kulit yang kemerahan, kering atau gatal bersisik karena penggunaan obat-obatan tertentu. Gigitan serangga juga acap menciptakan masalah pada kulit anak yang bengkak dan kemerahan. 

5.Perawatan yang kurang bersih

Bisa jadi penyebab kulit anak mengalami masalah karena Anda kurang menjaga kebersihan si kecil. Penggunaan bahan kimia dalam detergen dan pewangi yang acap digunakan saat mencuci pakaian bisa menjadi salah satu faktor kuat. Bahan kimia yang terkandung pada produk kebersihan tidak cocok untuk kesehatan si kecil. 

Tidak hanya masalah kebersihan pakaian dan sekitarnya, bayi dan anak rentan mengalami masalah kulit karena pemakaian produk perawatan bayi. Bahan kimia dalam produk sabun, losion dan lain-lain bisa menjadi pemicu masalah alergi yang dialami anak. Setiap anak bisa memiliki tingkatan masalah kulit yang berbeda mulai skala ringan hingga parah. Ada baiknya Anda menggunakan produk perawatan bayi dan anak yang terbuat dari bahan-bahan alami dan bebas risiko kulit bermasalah. 

Guna meminimalisir risiko pada kulit sensitif anak, sebaiknya Anda menggunakan produk perawatan yang kredibel. Anda bisa memilih produk perawatan kesehatan bayi dan anak dari MS Glow Kids yang terbuat dari bahan alami dengan formula yang aman. Dijamin anak-anak akan tumbuh menjadi lebih sehat dan bebas dari risiko alergi bila menggunakan produk perawatan yang benar mulai sampo, sabun pembersih dan krim kulit khusus anak. 

Yuk, pesan produk perawatan kesehatan anak dari MS Glow Kids yang telah terdaftar BPOM RI! Untuk melakukan pemesanan lebih cepat, Anda bisa menghubungi Bio IG @msglowKids dengan nomor telepon yang ada atau bisa mengunjungi gerai resmi yang telah terdaftar secara legal ya! 

Ruby Imelda

Menulis dan mambaca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *