Perbandingan mutu pendidikan SMP dapat dilakukan dengan membandingkan beberapa aspek, seperti kualitas guru, sarana dan prasarana pendidikan, kurikulum yang diterapkan, maupun prestasi siswa. Beberapa SMP mungkin memiliki kualitas pembelajaran yang baik, namun sarana dan prasarana pendidikannya kurang memadai. Sebaliknya, ada juga SMP yang memiliki sarana dan prasarana yang lengkap, namun kualitas pembelajaran dan prestasi siswanya rendah.
Untuk itu, penting bagi pemerintah, sekolah, guru, dan orang tua untuk bekerja sama dalam meningkatkan mutu pendidikan SMP di Indonesia. Guru perlu terus mengembangkan keterampilan mengajar mereka, pemerintah perlu memberikan perhatian lebih terhadap peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, serta orang tua perlu memberikan dukungan dan motivasi kepada anak-anaknya untuk mengejar prestasi yang lebih baik.
Dengan meningkatkan kualitas pembelajaran dan prestasi siswa di SMP, diharapkan dapat melahirkan generasi muda yang cerdas, berkualitas, dan siap bersaing di era globalisasi. Pendidikan adalah investasi jangka panjang bagi kemajuan suatu bangsa, oleh karena itu perhatian terhadap mutu pendidikan SMP sangat penting.