5+ Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan dan Cara Membuatnya

5 min read

Pendahuluan

Dalam dunia kerja, surat lamaran kerja merupakan dokumen yang penting untuk melamar pekerjaan yang diinginkan. Surat lamaran kerja tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk memperkenalkan diri kepada perusahaan, tetapi juga sebagai alat untuk menjelaskan tentang keahlian dan pengalaman yang dimiliki oleh pelamar. Salah satu jenis pekerjaan yang banyak diminati adalah menjadi bidan. Bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan sebagai bidan, berikut adalah contoh surat lamaran kerja bidan dan cara membuatnya.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan

Berikut ini adalah contoh surat lamaran kerja bidan yang dapat Anda gunakan sebagai referensi:

Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan 1

Perusahaan XYZ
Jl. Contoh No. 123
Kota Contoh

Kepada Yth.,
Bapak/Ibu HRD Perusahaan XYZ
Jl. Contoh No. 456
Kota Contoh

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Lengkap]
Tempat, Tanggal Lahir: [Tempat, Tanggal Lahir]
Alamat: [Alamat Lengkap]
No. Telepon: [Nomor Telepon]
Email: [Alamat Email]

Dengan ini saya mengajukan diri sebagai calon kandidat untuk bergabung dengan perusahaan XYZ sebagai bidan. Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan dalam bidang kesehatan dan kebidanan.

Sebagai informasi, saya telah menyelesaikan pendidikan Sarjana Kebidanan di Universitas Contoh dan memiliki sertifikat kompetensi bidan. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun di Rumah Sakit ABC sebagai bidan praktik. Pengalaman tersebut telah memperkaya pengetahuan dan keterampilan saya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada ibu dan bayi.

Selama bekerja di Rumah Sakit ABC, saya telah menghadapi berbagai kasus kebidanan yang kompleks dan mampu menanganinya dengan baik. Saya juga terbiasa bekerja dalam tim dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan pasien dan keluarga mereka. Saya memiliki dedikasi yang tinggi terhadap profesi bidan dan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada pasien.

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan XYZ karena reputasinya yang baik dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Saya yakin bahwa dengan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, saya dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan dan pasien.

Demikianlah surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Saya siap untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut dan menjelaskan lebih detail mengenai latar belakang dan pengalaman saya. Terlampir saya sertakan daftar riwayat hidup dan fotokopi dokumen pendukung lainnya.

Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Lengkap]

Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan 2

Perusahaan ABC
Jl. Contoh No. 789
Kota Contoh

Kepada Yth.,
Bapak/Ibu HRD Perusahaan ABC
Jl. Contoh No. 1011
Kota Contoh

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Lengkap]
Tempat, Tanggal Lahir: [Tempat, Tanggal Lahir]
Alamat: [Alamat Lengkap]
No. Telepon: [Nomor Telepon]
Email: [Alamat Email]

Dengan ini saya mengajukan diri sebagai calon kandidat untuk bergabung dengan perusahaan ABC sebagai bidan. Saya memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan dalam bidang kesehatan dan kebidanan.

Saya telah menyelesaikan pendidikan Diploma Kebidanan di Politeknik Contoh dan memiliki sertifikat kompetensi bidan. Selain itu, saya juga memiliki pengalaman kerja selama 3 tahun di Puskesmas XYZ sebagai bidan praktik. Pengalaman tersebut telah memperkaya pengetahuan dan keterampilan saya dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Selama bekerja di Puskesmas XYZ, saya telah berpartisipasi dalam program kesehatan ibu dan anak, melakukan pemeriksaan kehamilan, melaksanakan persalinan, dan memberikan pendidikan kesehatan kepada ibu dan bayi. Saya juga memiliki kemampuan dalam melakukan tindakan medis sederhana seperti pemberian imunisasi dan pemeriksaan kesehatan rutin pada bayi dan balita.

Saya tertarik untuk bergabung dengan perusahaan ABC karena program-program kesehatan yang inovatif dan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat. Saya yakin bahwa dengan pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki, saya dapat memberikan kontribusi yang positif dalam mencapai tujuan perusahaan.

Demikian surat lamaran kerja ini saya sampaikan. Saya siap untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut dan menjelaskan lebih detail mengenai latar belakang dan pengalaman saya. Terlampir saya sertakan daftar riwayat hidup dan fotokopi dokumen pendukung lainnya.

Atas perhatian dan kesempatan yang diberikan, saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

[Nama Lengkap]

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Bidan

Untuk membuat surat lamaran kerja bidan, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Susun Informasi Pribadi

Langkah pertama dalam membuat surat lamaran kerja bidan adalah menyusun informasi pribadi Anda dengan lengkap dan jelas. Informasi pribadi tersebut mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon, dan alamat email yang aktif.

2. Tulis Tujuan Lamaran

Selanjutnya, tulis tujuan lamaran Anda dengan jelas dan singkat. Jelaskan bahwa Anda melamar pekerjaan sebagai bidan dan sebutkan perusahaan yang Anda lamar. Jelaskan juga alasan mengapa Anda tertarik dengan perusahaan tersebut.

3. Jelaskan Latar Belakang Pendidikan

Jelaskan latar belakang pendidikan Anda yang relevan dengan pekerjaan bidan. Sebutkan nama institusi pendidikan yang Anda tempuh, jurusan yang Anda ambil, dan gelar yang Anda peroleh. Jika Anda memiliki sertifikat kompetensi bidan, sebutkan juga dalam surat lamaran.

4. Ceritakan Pengalaman Kerja

Ceritakan pengalaman kerja Anda yang relevan dengan pekerjaan bidan. Sebutkan nama perusahaan atau institusi tempat Anda bekerja, jabatan yang Anda emban, dan tanggung jawab yang Anda lakukan. Jelaskan juga pencapaian atau kontribusi yang telah Anda berikan selama bekerja di tempat tersebut.

5. Sampaikan Motivasi dan Keahlian

Sampaikan motivasi Anda untuk bekerja sebagai bidan dan jelaskan keahlian yang Anda miliki dalam bidang kebidanan. Jelaskan juga kemampuan-kemampuan lain yang relevan, seperti kemampuan komunikasi, kemampuan bekerja dalam tim, atau kemampuan dalam menggunakan perangkat medis.

6. Tutup Surat Dengan Sopan

Tutup surat lamaran kerja dengan sopan. Sampaikan rasa terima kasih atas perhatian dan kesempatan yang diberikan. Sertakan juga kalimat yang menyatakan kesiapan Anda untuk mengikuti proses seleksi lebih lanjut dan menjelaskan lebih detail mengenai latar belakang dan pengalaman Anda.

7. Lampirkan Dokumen Pendukung

Lampirkan daftar riwayat hidup dan fotokopi dokumen pendukung lainnya, seperti ijazah, sertifikat kompetensi bidan, atau sertifikat pelatihan lain yang relevan.

FAQ (Pertanyaan Umum) Tentang Surat Lamaran Kerja Bidan

1. Apa saja yang harus dicantumkan dalam surat lamaran kerja bidan?

Dalam surat lamaran kerja bidan, Anda harus mencantumkan informasi pribadi, tujuan lamaran, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, motivasi, keahlian, serta penutup yang sopan. Jangan lupa untuk melampirkan dokumen pendukung.

2. Bagaimana cara menulis surat lamaran kerja bidan yang menarik perhatian?

Untuk menulis surat lamaran kerja bidan yang menarik perhatian, Anda harus menjelaskan dengan jelas dan singkat mengapa Anda tertarik dengan perusahaan yang Anda lamar. Sampaikan juga pengalaman dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan bidan.

3. Berapa jumlah kata yang ideal untuk surat lamaran kerja bidan?

Surat lamaran kerja bidan sebaiknya tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Jumlah kata yang ideal adalah sekitar 300-500 kata. Pastikan setiap kalimat memiliki makna dan relevansi dengan pekerjaan yang Anda lamar.

4. Apakah saya perlu melampirkan sertifikat kompetensi bidan dalam surat lamaran?

Iya, sangat disarankan untuk melampirkan sertifikat kompetensi bidan dalam surat lamaran kerja. Sertifikat tersebut dapat menjadi bukti bahwa Anda memiliki kualifikasi dan keahlian yang dibutuhkan dalam pekerjaan bidan.

5. Bagaimana cara menyampaikan surat lamaran kerja bidan?

Surat lamaran kerja bidan dapat disampaikan melalui email atau pos. Jika Anda mengirim melalui email, pastikan subjek email mencantumkan posisi yang Anda lamar dan nama lengkap Anda. Jika Anda mengirim melalui pos, pastikan alamat tujuan yang tercantum adalah alamat perusahaan yang Anda lamar.

Kesimpulan

Surat lamaran kerja bidan adalah dokumen penting dalam melamar pekerjaan sebagai bidan. Dalam surat lamaran, Anda perlu mencantumkan informasi pribadi, tujuan lamaran, latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, motivasi, keahlian, serta penutup yang sopan. Melampirkan dokumen pendukung juga sangat disarankan.

Contoh surat lamaran kerja bidan di atas dapat Anda gunakan sebagai referensi untuk membuat surat lamaran Anda sendiri. Selain itu, Anda juga perlu mengikuti cara membuat surat lamaran kerja bidan yang telah dijelaskan di atas.

Dengan mengikuti panduan dan contoh di atas, diharapkan Anda dapat membuat surat lamaran kerja bidan yang menarik dan memberikan kesan positif kepada pihak perusahaan. Semoga sukses dalam melamar pekerjaan sebagai bidan!

FAQ (Pertanyaan Umum) Setelah Kesimpulan

1. Apakah saya bisa melamar pekerjaan bidan tanpa memiliki pengalaman kerja sebelumnya?

Iya, beberapa perusahaan atau institusi kesehatan mungkin membuka lowongan pekerjaan bidan untuk fresh graduate atau calon bidan yang belum memiliki pengalaman kerja sebelumnya. Namun, memiliki pengalaman kerja di bidang kebidanan dapat menjadi nilai tambah dalam melamar pekerjaan.

2. Apakah saya perlu menyertakan referensi dalam surat lamaran kerja bidan?

Tidak perlu menyertakan referensi dalam surat lamaran kerja bidan. Namun, jika perusahaan meminta referensi sebagai bagian dari proses seleksi, Anda dapat menyertakannya dalam daftar riwayat hidup atau menyebutkannya saat diwawancarai.

3. Bagaimana jika saya tidak memiliki sertifikat kompetensi bidan?

Jika Anda tidak memiliki sertifikat kompetensi bidan, Anda dapat menyebutkan status pendidikan Anda dan mencantumkan informasi mengenai pendidikan kebidanan yang Anda tempuh. Selain itu, Anda juga dapat menyebutkan pengalaman kerja atau pelatihan lain yang relevan dengan pekerjaan bidan.

4. Apakah saya perlu menulis surat lamaran kerja bidan dalam bahasa Inggris?

Tidak, Anda dapat menulis surat lamaran kerja bidan dalam bahasa Indonesia. Namun, jika perusahaan yang Anda lamar merupakan perusahaan multinasional atau memiliki persyaratan tertentu, Anda dapat menulis surat lamaran dalam bahasa Inggris.

5. Berapa lama biasanya proses seleksi untuk melamar pekerjaan bidan?

Lama proses seleksi untuk melamar pekerjaan bidan bervariasi tergantung dari perusahaan atau institusi kesehatan yang Anda lamar. Proses seleksi biasanya meliputi seleksi administrasi, tahap wawancara, dan uji kompetensi. Proses seleksi ini dapat memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ngelmu Kami ingin menunjukkan kepada Anda pemberitahuan untuk berita dan pembaruan terkini.
Dismiss
Allow Notifications