Menjadi Ahli dalam Menghitung dan Membedakan Garis serta Sudut: Latihan Praktis untuk Siswa Kelas 7

bang jack

Menjadi Ahli dalam Menghitung dan Membedakan Garis serta Sudut: Latihan Praktis untuk Siswa Kelas 7

Pada pelajaran matematika, pemahaman tentang garis dan sudut merupakan dasar yang sangat penting. Kemampuan mengenali, menghitung, dan membedakan garis serta sudut akan membantu siswa dalam memahami konsep-konsep matematika yang lebih kompleks di masa depan. Oleh karena itu, latihan praktis tentang garis dan sudut perlu dilakukan secara rutin.

Berikut ini akan disajikan 20 contoh soal dan jawaban mengenai menghitung dan membedakan garis serta sudut, yang dapat dijadikan latihan praktis bagi siswa kelas 7:

Contoh Soal:

1. Gambar yang menunjukkan dua garis yang sejajar adalah gambar nomor…
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4

Jawaban: a. 1

2. Gambar yang menunjukkan dua garis yang berpotongan adalah gambar nomor…
a. 5
b. 6
c. 7
d. 8

Jawaban: b. 6

3. Jika garis AB sejajar dengan garis CD, maka sudut yang dihasilkan adalah sudut…
a. Sama
b. Siku-siku
c. Lancip
d. Tumpul

Jawaban: a. Sama

4. Berapa besar sudut yang dibentuk oleh garis AB dan garis BC pada gambar berikut?

[Insert gambar dengan sudut]

a. 45 derajat
b. 90 derajat
c. 135 derajat
d. 180 derajat

Jawaban: c. 135 derajat

5. Jika sudut AOB = 60 derajat, sudut BOC = 30 derajat, maka sudut AOC adalah…
a. 90 derajat
b. 120 derajat
c. 150 derajat
d. 180 derajat

Jawaban: b. 120 derajat

6. Gambar segitiga ABC dengan panjang AB = 5 cm, BC = 7 cm, dan sudut B = 60 derajat. Berapa panjang sisi AC?
a. 8 cm
b. 9 cm
c. 10 cm
d. 11 cm

Jawaban: c. 10 cm

7. Jika garis AB sejajar dengan garis CD, maka sudut yang dihasilkan oleh garis AB dan garis CD adalah sudut…
a. Sama
b. Siku-siku
c. Lancip
d. Tumpul

Jawaban: a. Sama

8. Berapa besar sudut yang dibentuk oleh garis EF dan garis GH pada gambar berikut?

[Insert gambar dengan sudut]

a. 30 derajat
b. 45 derajat
c. 60 derajat
d. 90 derajat

Jawaban: d. 90 derajat

9. Jika sudut AOC = 120 derajat dan sudut COB = 45 derajat, maka sudut AOB adalah…
a. 45 derajat
b. 75 derajat
c. 85 derajat
d. 165 derajat

Jawaban: d. 165 derajat

10. Gambar segitiga PQR dengan panjang PQ = 8 cm, QR = 6 cm, dan sudut Q = 90 derajat. Berapa panjang sisi PR?
a. 10 cm
b. 12 cm
c. 14 cm
d. 16 cm

Jawaban: a. 10 cm

11. Gambar segitiga XYZ dengan panjang XY = 12 cm, YZ = 9 cm, dan sudut Y = 45 derajat. Berapa panjang sisi XZ?
a. 7 cm
b. 10 cm
c. 15 cm
d. 18 cm

Jawaban: b. 10 cm

12. Secara garis besar, sudut dibagi menjadi berapa jenis?
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

Jawaban: c. 4

13. Jenis sudut yang besarannya 90 derajat disebut sebagai sudut…
a. Sama
b. Siku-siku
c. Lancip
d. Tumpul

Jawaban: b. Siku-siku

14. Jika sudut AOC = 80 derajat dan sudut COB = 60 derajat, maka sudut AOB adalah…
a. 100 derajat
b. 120 derajat
c. 140 derajat
d. 160 derajat

Jawaban: c. 140 derajat

15. Berapa besar sudut yang dibentuk oleh garis MN dan garis OP pada gambar berikut?

[Insert gambar dengan sudut]

a. 30 derajat
b. 45 derajat
c. 60 derajat
d. 90 derajat

Jawaban: b. 45 derajat

16. Jika sudut XOB = 100 derajat dan sudut BOY = 40 derajat, maka sudut XOY adalah…
a. 120 derajat
b. 140 derajat
c. 160 derajat
d. 180 derajat

Jawaban: d. 180 derajat

17. Gambar segitiga MNO dengan panjang MN = 10 cm, NO = 8 cm, dan sudut O = 60 derajat. Berapa panjang sisi MO?
a. 6 cm
b. 8 cm
c. 10 cm
d. 12 cm

Jawaban: b. 8 cm

18. Jika sudut XYZ = 45 derajat, sudut YZW = 60 derajat, dan sudut Y = 90 derajat, maka sudut XZW adalah…
a. 45 derajat
b. 60 derajat
c. 75 derajat
d. 90 derajat

Jawaban: c. 75 derajat

19. Jenis sudut yang besarannya lebih kecil dari 90 derajat disebut sebagai sudut…
a. Sama
b. Siku-siku
c. Lancip
d. Tumpul

Jawaban: c. Lancip

20. Secara garis besar, garis dibagi menjadi berapa jenis?
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5

Jawaban: b. 3

Demikianlah latihan praktis mengenai garis dan sudut yang dapat membantu siswa kelas 7 untuk memahami konsep dasar matematika dengan lebih baik. Latihan rutin dan penguasaan materi yang baik akan menjamin kesuksesan siswa dalam menghadapi pelajaran matematika yang lebih kompleks di masa depan. Semangat belajar!

Bagikan:

Leave a Comment